11 Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi

Pulau Penang (Pinang) adalah salah satu negara bagian Malaysia seluas 760 km2, masuk dalam kategori negeri terkaya dan termaju. Penang bisa menjadi alternatif tempat wisata buat anda saat berlibur di Malaysia selain Kuala Lumpur, Johor Bahru maupun Perak. Obyek liburan di Penang sangat beragam, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, keluarga, edukasi, sejarah, arsitektur unik dan tempat belanja murah. Ada juga tempat wisata bahari di Pulau Penang berupa pantai-pantai indah dan eksotis yang menjadi magnet turis-turis asing.

Saking komplitnya, mengunjungi seluruh tempat wisata di Penang dalam sehari pasti tidak akan selesai. Anda harus pintar-pintar memilih, baik yang terbaik, menarik, favorit, gratis dan populer. Pokoknya harus sesuai selera, budget dan jangka waktu anda saat berada di Penang.

Nah, berikut ini rekomendasi 11 tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi..

Tempat Wisata di Penang

1. Penang Hill

 Tempat Wisata di Penang HillPenang Hill atau masyarakat Malaysia menyebutnya Bukit Bendera adalah tempat wisata di Penang paling populer, khususnya dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Wisata alam ini lokasinya berada di luar pusat kota George Town, berada di ketinggian sekitar 800 Mdpl. Perjalanan menuju puncak dengan menaiki kereta listrik modern merupakan salah satu daya tarik wisata Penang Hill, selain melihat pemandangan gemerlap kota Penang dari atas ketinggian pada malam hari dan mengunjungi obyek wisata seperti Museum dan tempat perbelanjaan. Kereta Listrik adalah rekomendasi alat transportasi yang dapat anda gunakan agar bisa sampai ke puncak bukit Penang Hill, selain taksi dan bus mini. Biaya tiket kereta yang harus dikeluarkan sekitar RM 30 atau sekitar Rp.100.000 bagi wisatawan asing, sementara untuk turis lokal Malaysia lebih murah yakni RM 8. 

Perjalanan menggunakan kereta listrik Penang Hill Railway sangat nyaman, jalur curam alam tropis indah yang dilewati disulap dengan kemiringan kereta hanya sekitar 45 drajat. Setelah sampai, maka tiba waktunya bagi anda untuk menikmati udara sejuk pegunungan dengan suhu udara sekitar 5 derajat Celsius sambil melihat-lihat pemandangan mengagumkan seluruh Pulau Penang dari atas ketinggian. Fasilitas pendukung di kawasan Penang Hill sangat lengkap, terdapat Masjid bagi muslim yang datang, restoran dan hotel penginapan.  

2. Kek Lok Si Template

Kek Lok Si Template
Kuil Kek Lok Si adalah tempat wisata budaya sekaligus sejarah di Pulau Penang, lokasinya berada di Anyer Itam, konon menyimpan banyak kisah. Fakta menariknya merupakan kuil Budha terbesar se Asia Tenggara, berusia lebih dari 1 abad. Arsitekturnya kombinasi dari China dan Thailand, desainnya unik, terdapat pahatan, ukiran dan ratusan tulisan dinding yang indah dan menarik. Di dalam Kuil Kek Lok Si terdapat beberapa patung Budha berwarna emas, tentunya ada aula luas untuk kegiatan berdoa. Selain itu, ada juga bangunan Pagoda tujuh lantai berwarna kuning dan patung raksasa Dewi Kwan Im diatas bukit di kawasan kuil.

Kek Lok Si Template merupakan tempat ibadah kebanggaan umat Budha di Penang, sekaligus salah satu tempat wisata favorit di Penang yang mempunyai daya tarik tinggi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Akses menuju ke kuil Kek Lok Si bisa menggunakan bus Rapid dari nomer 201  dari terminal bus KOMTAR dengan tujuan Ayer Itam dan turun di Halte dekat pasar Anyer Itam. Biayanya murah, sekitar RM 3 (Rp.10.000). Dari halte ini, anda tinggal berjalan saja mengikuti petunjuk jalan, jaraknya sekitar 300 meter. Alternatif lain bisa menggunakan taksi atau kendaraan pribadi.

3. Penang Bridge

Penang BridgePenang Bridge adalah jembatan penghubung antara Seberang Prai dan Bayan Lepas di Pulau Penang sekaligus tempat wisata di Penang yang menawarkan pemandangan indah matahari terbenam (sunset) di sore hari dengan langit berwarna orange mempesona yang memanjakan mata.  Keindahan Penang Bridge membuat objek yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik sekedar berfoto selfie maupun menikmati suasana romantis bersama pasangan.
Perlu anda ketahui, Penang Bridge merupakan jembatan paling panjang di Malaysia dan salah satu jembatan terpanjang di dunia, kurang lebih sekitar 13,5 KM. Penang Bridge memiliki desain khas sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur di Penang, maupun warga lokal yang menghabiskan waktu di sore hari. Obyek yang satu ini bisa dibilang Ikon Malaysia selain Menara Kembar Petronas.

4. Sri Mahariamman Template

Sri Mahariamman TemplateTempat wisata di Penang yang wajib anda singgahi selanjutnya adalah Sri Mahamariamman Template yang termasuk dalam kategori wisata budaya, edukasi dan sejarah. Sri Mahariamman Template merupakan kuil Hindu tertua di pulau Penang, lokasinya strategis berada di pusat kota George Town menjadikannya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tidak kalah dengan kuil Budha Kek Lok Si, ornamen khas India Kuno dapat anda lihat saat masuk kedalam Sri Mahamariamman Template. Selain itu, terdapat juga patung-patung dewa Hindu yang tidak kalah menarik perhatian pengunjung, fakta menariknya adalah salah satu tempat wisata gratis di Penang.

5. Fort Cornwallis


Fort Cornwallis
Suka sejarah? Jangan lewatkan mengunjungi Frot Cornwallis yang merupakan wisata sejarah di Pulau Penang. Frot Cornwallis adalah sebuah benteng dengan usia paling tua di Malaysia, yaitu dibangun pada tahun 1786. Bangunan bersejarah ini dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan saat Inggris berkuasa di Pulau Penang. Dengan berlibur di tempat wisata ini, anda akan mendapatkan edukasi wawasan sejarah, cocok jika dikunjungi bersama anak-anak. Terdapat beberapa peninggalan sejarah yang bisa anda lihat seperti penjara, lampu kuno, hingga Meriam yang menghadap ke laut. Fort Cornwallis bisa menjadi salah satu tempat wisata di Penang yang wajib anda dikunjungi.

6. Pantai Kerachut

Pantai Kerachut
Wisata pantai bisa anda temui di Pulau Penang. Salah satu pantai favorit yang banyak dikunjungi turis asing, khususnya wisatawan Indonesia adalah Kerachut Beach. Terletak di cagar alam Taman Nasional di Teluk Bahang, menghadap ke Samudra Hindia, sebelah barat laut Pulau Penang. Daya tarik Pantai Kerachut yaitu memiliki pasir putih dan ombak berwarna biru seta terdapat danau meromiktik (pertemuan air laut dan tawar) di dekat area pantai.

Pantai Kerachut terkenal sebagai rumah bagi penyu jenis Blimbing dan Hijau sebagai tempat untuk bertelur, terdapat juga penangkaran penyu di sekitar pantai. Tertarik mengunjungi tempat wisata di Penang ini? Jangan khawatir, ada cara mudah akses menuju pantai yakni dengan menaiki prahu yang disediakan di dekat pintu masuk Taman Nasional. Prahu dengan kapasitas 10 orang bisa anda sewa dengan biaya sekitar 100RM (Rp.350.000) per-prahu. Murah sekali bukan jika dibagi dengan 10 orang, maka budget yang harus dikeluarkan sekitar Rp.35.000. Cara lain yang lebih menantang adalah dengan berjalan kaki melewati hutan tropis di dalam Taman Nasional, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Di pantai pasir putih yang indah ini, anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti berenang, sambil bermain ombak, Camping (berkemah), mencari kulit kerang di pinggir pantai, membangun istana dengan pasir, menulis pesan kepada teman, beromantisria ria bersama pasangan, sekedar melihat-lihat pemandangan mengagumkan dan jangan lupa berfoto selfie tentunya.

7. Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze Mansion
Cheong Fatt Tze Mansion adalah rumah tua peninggalan imigran China, dibangun pada tahun 1880 oleh Cheong Fatt Tze, salah satu pedagang China yang singgah di Pulau Penang. Selain bersejarah, ternyata juga besar dan luas, terdapat sekitar 38 kamar di rumah tua ini. Cheong Fatt Tze Mansion sempat akan digusur, tetapi kemudian seorang pengusaha keturunan China di Malaysia membeli rumah ini agar tidak dirobohkan. Sampai sekarang  rumah tua ini tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu tempat wisata di Penang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain sebagai tujuan wisata, rumah tua ini biasanya digunakan untuk keperluan pembuatan film.

8. Tropical Spice Garden

Tropical Spice Garden
Tropical Spice Garden merupakan tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi saat anda bersama keluarga maupun saat membawa anak-anak. Tropical Spice Garden adalah wisata alam hutan tropis yang bisa anda jelajahi. Selain bersenang-senang, di tempat wisata ini anda bisa belajar mengenai berbagai aneka tumbuhan. Lokasi hutan tropis ini dekat dengan Museum Toy, tepatnya berada di Teluk Bahang. Di dalam hutan tropis ini juga terdapat wahana menarik seperti rumah teh, ayunan raksasa dan area untuk berseluncur. Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Penang ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar 26 Ringgit (dewasa) dan 20 Ringgit (pelajar/anak-anak).

9. Penang Toy Museum

Penang Toy Museum
Setelah mengunjungi Tropical Spice Garden, anda juga harus mengunjungi tempat wisata menarik di Penang yakni Toy Museum atau museum mainan. Seperti namanya, obyek wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan saat membawa anak-anaknya. Lokasi museum ini berada di Jalan Tanjung Bungah. Di dalam museum ini terdapat lebih dari 100 ribu koleksi mainan anak-anak. Jumlah tersebut membuat museum ini menjadi museum mainan pertama sekaligus terbesar di Malaysia. Untuk masuk ke dalam tempat wisata di Penang ini, anda akan dikenakan tarif masuk sebesar 30 Ringgit.

10. Penang Peranakan Mansion

Penang Peranakan Mansion
Penang Peranakan Mansion atau dikenal sebagai museum unik yang memiliki berbagai koleksi peninggalan sejarah seperti lukisan, perhiasan, pahatan dan artefak kuno. Berdasarkan informasi dari masyarakat, rumah ini merupakan bekas peninggalan dari orang kaya keturunan Tiongkok. Hal ini dibuktikan dari beberapa peninggalan di dalamnya merupakan perhiasan yang bernilai tinggi. Setelah dijadikan museum dan dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang datang untuk melihat koleksi yang ada didalamnya. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Penang ini harus membayar tiket masuk sebesar 20 Ringgit.

11. Owl Museum

Owl Museum
Owl Museum atau bisa disebut dengan Museum Burung Hantu merupakan tempat wisata di Penang yang wajib anda kunjungi. Namanya juga museum, di tempat wisata ini anda tidak akan menemukan burung hantu asli yang masih hidup. Di dalam museum terdapat berbagai koleksi seni yang bertema burung hantu. Koleksi karya seni yang terdapat di museum ini sangat bervariasi, mulai dari patung, lukisan maupun suvenir. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi Owl Museum, anda akan dikenakan tarif masuk sebesar 10 Ringgit Malaysia.

Itulah 11 rekomendasi Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi saat liburan tiba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca tempat wisata menarik lainnya. Terimakasih.
Artikel Lainnya :
  1. 13 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Favorit Wisatawan
  2. Pemandangan Indah di atas Penang Hill
  3. 7 Tempat Belanja Murah di Penang
  4. 7 Pantai di Penang dengan Pemandangan Indah
  5. Sejarah Patung Merilon Singapura

Comments

Popular posts from this blog

Zaman Arkaekum : Ciri-Ciri dan Gambarnya

Pengertian Artefak dan Contoh di Indonesia disertai Gambar

Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Sederhana dan Tingkat Lanjut